Sejarah Sosial Media serta Perkembangan Sosial Media
Sosial media, apa itu sosial media ? Menurut saya sosial media
adalah suatu wadah atau tempat dimana orang dapat berkomunikasi sesama user
(pengguna) secara tidak langsung dan dibutuhkan koneksi internet untuk dapat
melakukan komunikasi ini. Di sini user atau pengguna dapat berbagi informasi
berupa, kejadian, berbagi foto, dan dapat juga untuk menambah wawasan serta
bisa juga sebagai ajang untuk mencari atau menambah teman. Internet merupakan
salah satu aspek penting dalam berhubungan dalam aplikasi sosial media,
internet telah merangkul dunia yang memegang peran manusia dalam kehidupan
manusia. Internetpun juga bisa di katakan menjadi rekan manusia untuk
berkomunikasi dalam sosial media, melalui internet manusia dapat berbagi
informasi, melakukan kegiatan bisnis serta dapat menjalin hubungan sosial antar
sesama manusia dengan menggunakan sosial media ini. Tergantungnya kebutuhan
manusia terhadap sosial media telah banyak membuat perusahaan perusahaan
teknologi dan informasi membuat aplikasi aplikasi sosial media seperti
facebook, twitter, myspace dan friendster, serta masih banyak lagi aplikasi
sosial media yang ada di era perkembangan modern ini.
Pesatnya perkembangan teknologi sekarang membuat banyak aplikasi
aplikasi sosial media baru yang bermunculan di dunia maya. Kini
dengan mengandalakan smartphone yang berhubungan dengan internet, kita sudah
bisa mengakses beberapa situs sosial media seperti, facebook, twitter, line, we
chat, kakao talk dan itu semua bisa kita akses dimana saja dan kapan saja
asalkan terhubung dengan koneksi internet dan itu membuat arus informasi
semakin besar dan pesat. Perkembangan sosial media yang pesat ini tidak hanya
terjadi pada negara negara maju saja, di negara berkembang seperti tanah air
kita ini Indonesia, banyak user atau pengguna sosial media dan perkembangan
yang pesat ini bisa menjadi pengganti peran media massa konvensiaonal dalam
menyebarkan berita atau informasi. Selain itu, Indonesia menempati urutan ke-5
di dunia dalam penggunaan akun twitter. Selain untuk membagi
informasi, sosial media maupun internet juga dapat dijadikan sebagai sutau
kegiatan bisnis, seperti membuka toko online. Facebook dan Twitter menurut saya
merupakan sosial media yang banyak digunakan sebagai toko online, mereka membuat
akun baru dan memberi nama akun mereka menjadi kategori barang dagangan mereka
yang akan mereka dagangkan. Membuat komunitas bisa juga dilakukan melalu sosial
media, komunitas komunitas seperti fans boyband, girlband, fans pecinta
olahraga sepak bola, fans sebuah grup band dan masih banyak komunitas komunitas
yang bisa kita buat.
Perkembangan Sosial Media
·
Awal mula
terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan sistem papan
buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh
informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi
internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan
buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya
adalah sesama pecinta dunia komputer. Perkembangan sosial media
pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh
peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
·
1995 Kelahiran dari situs GeoCities,
situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data
website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan
kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website
lain.
·
1997 Muncul situs jejaring sosial
pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs
Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com
di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding
Classmates.com
·
1999 Muncul situs untuk membuat blog
pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat
halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal
tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah.
sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media
sosial.
·
2002 Berdirinya Friendster, situs
jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media
sosial menjadi fenomenal.
·
2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya
berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan,
sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
·
2003 Berdirinya MySpace, MySpace
menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs
jejaring sosial yang user friendly.
·
2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring
sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs
jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
·
2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring
sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya
bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140
karakter.
·
2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring
social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22
April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online
organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan
individu maupun kelompok.
·
2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan
situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran.
google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu
google+ di luncurkan secara umum.
Mungkin tidak banyak yang mengetahui, bahwa
sebelum eranya Facebook atau MySpace, bahkan Friendster, ada sebuah jejaring
sosial bernama Friends Reunited. Dari infografik
dan MarketingDirecto.com, berikut tercantum cukup lengkap perkembangan
media sosial dan internet sejak tahun 1978 hingga 2012. Terdapat beberapa
hal menarik sebelum muncul atau lahirnya Facebook, seperti
kelahiran Friends Reunited, jejaring sosial pertama pada tahun 1998
Hingga tahun 2003. Ketika Facebook lahir, jejaring sosial Friends Reunited ini
memiliki 15 juta pengguna Hingga pada tahun 2008. Pada saat Facebook muncul
pertama kali, sosial media ini memiliki pengguna mencapai 400 juta pengguna.
Lalu pada tahun 2008 juga-lah Friends Reunited dijual, dan akhirnya
menghilang sampai sekarang. Pada tahun 1995, internet baru memiliki satu
juta situs. Sementara, tiga tahun berikutnya, industridotcom sudah sulit
diprediksi. Data terakhir hanya menunjukkan pengguna internet dunia, yang
diperkirakan mencapai 1,97 miliar atau hampir 30 persen dari total populasi di Dunia. Dari infografik ini juga
menunjukkan bagaimana bisnis di media sosial cukup kejam, bagaimana
MySpace yang menggeser Friendster, tapi lalu akhirnya harus menyerah oleh
Facebook. Google+ mungkin belum tampak cukup besar untuk menggeser Facebook,
tapi kalau melihat kurun waktu yang dibutuhkan, Facebook butuh 4 tahun untuk berjaya, dan MySpace butuh 5
tahun.
No comments:
Post a Comment